BUPATI KUPANG MENGHADIRI KEGIATAN PENGUKUHAN TIM TPAKD DI DESA OTAN

   TPAKD LAKUKAN TEROBOSAN DALAM RANGKA MEMPERLUAS AKSES KEUANGAN
Berita/News    2021-08-30  10:01:41

gambar

Bupati Kupang, Korinus Masneno menghadiri acara pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten dan Kota se- provinsi NTT, di Desa Otan tepatnya di pantai wisata Otan, Kecamatan Semau Kabupaten Kupang, Jumad 27 Agustus 2021. Turut mendampingi Bupati Kupang, Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Kupang, Pimpinan dan anggota DPRD Kab.Kupang, Sekretaris Daerah Kab.Kupang, Dandim 1604/ Kupang, Kapolres Kupang, Asisten II Sekda Kab.Kupang, Plt.Asisten III Sekda Kab.Kupang, Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi, Kepala BPKAD Kab.Kupang, Kabag Administrasi Pembangunan, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Kabag Ekonomi dan Kepala RSKK.

Acara yang diselenggarakan atas kerjasama Pemprov, Pemkab, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank NTT dan DJPb, menghadirkan para Bupati se-prov.NTT dan koordinator TPKAD dalam hal ini Sekretaris Daerah dari 21 Kabupaten Kota se-prov.NTT.

Obet Laha, Sekda Kab.Kupang bersama Sekda daerah lainnya, resmi dikukuhkan oleh Gubernur NTT, Victor B.Laiskodat. Percepatan Akses Keuangan Daerah di Kabupaten Kupang, dengan koordinatornya Sekda Obet Laha, ditentukan berdasarkan SK Bupati Kupang, Nomor 178/KEP/HK/2021, tanggal 7 Juni 2021.

Gubernur Victor menuturkan, para Sekda yang dikukuhkan saat ini, haruslah cerdas mengerti birokrat entrepreneur. Birokrat dengan pelayanan optimal dan cara berpikir bisnis. Janganlah miskin gagasan, tetapi bertindak dan bergerak cepat, tepat, lihat peluang yang dapat memulihkan ekonomi, sehingga roda perekonomian daerah semakin lebih baik. Salah satunya dengan menggerakkan UMKM, tunjukkan keunggulan produk daerah kita masing-masing. Bangun sinergitas dengan semua stakeholder jasa keuangan. Dukungan yang solid turut mempercepat dan memperluas akses keuangan. Sebab peningkatan kesejahteraan masyarakat hanya dapat dilakukan dengan berkolaborasi,"tegas Gubernur. Untuk Bupati dan Sekda, menurut Gubernur memiliki peran penting, gerakkan OPD-OPD untuk hadir di tengah masyarakat, agar perekonomian tetap stabil, makin meningkat dan berkembang secara pesat. Lakukan terobosan dalam rangka memperluas akses keuangan, lakukan pinjaman daerah, bangun aset-aset Kabupaten dan Kota.

Lanjut Gubernur, di era digital seperti sekarang, segalanya dapat dengan mudah dilakukan, hanya dengan memanfaatkan teknologi yaitu menjual produk melalui market place.

Sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong setiap daerah untuk mengangkat potensi yang ada di daerah dan OJK mendukung penuh program kerja Pemerintah Daerah. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank NTT, Harry Riwu Kaho dalam sambutannya, sempat memberikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kupang, Korinus Masneno, atas dukungan dalam penyelenggaraan vaksinasi yang berjalan lancar di Kecamatan Semau mulai dari 26 agustus dan berakhir 27 agustus 2021. Pemberian vaksinasi juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Bank NTT.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan CSR 2 sumur bor dari Bupati Kupang didampingi Direktur Umum Bank NTT,Harry R.Kaho, kepada masyarakat kecamatan Semau yang akan diterima oleh camat Semau dan ketua kelompok tani budidaya kelor Liman Kecamatan Semau Selatan. Selanjutnya, launching ekosistem pembiayaan peternakan sapi, dilanjutkan dengan penyerahan kredit usaha rakyat secara simbolis, dari Bupati Kupang didampingi pimpinan Klik Daily dan pimpinan BNI Kantor Cabang Kupang, kepada salah satu peternak sapi atasnama bpk.Jefri dari Desa Oesao.

Menarik, sebagai akhir dari seluruh rangkaian kegiatan, keindahan pantai wisata Otan Kecamatan Semau, membuat para hadirin dalam acara tersebut, tak sabar ingin menikmati sunset sore di pantai Otan, seraya ingin mengatakan hanya senja yang tahu cara berpamitan dengan indah. Pantai Otan Pantai yang cantik.

Sumber : Humas Kab. Kupang