UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE - 76 TAHUN 2021

   SUASANA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH PADA UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE- 76 DI HALAMAN KANTOR BUP
Berita/News    2021-08-24  11:06:05

gambar

Upacara yang berlangsung dengan khidmat meski masih dalam situasi pandemi covid 19, dimulai pukul 08.00 WITA dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelum dimulainya upacara, penerapan protokol kesehatan disampaikan secara berulang oleh pembawa acara Andre Seran dari Protokol Setda Kabupaten Kupang, agar selama berlangsungnya upacara diharapkan penggunaan masker harus benar, selain jaga jarak dan mencuci tangan.
Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun ini hanya dihadiri undangan terbatas. Kapten Inf.Nerson Baitanu didapuk menjadi Komandan Upacara.
Sementara anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, asal sekolah SMAN 2 Kupang Timur, Olivia Fangidae Tumeluk dipilih membawa baki dalam upacara pengibaran bendera merah putih.
Peringatan Kemerdekaan RI ke - 76, Selasa 17 Agustus 2021, dengan tema "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh", Bupati Kupang, Korinus Masneno sebagai Inspektur upacara dalam pidatonya menyatakan, Kabupaten Kupang harus maju, maju selangkah untuk kemudian berlari bersama dengan daerah lainnya menggapai mimpi besar mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.
Dihadapan 200 tamu undangan yang hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Bupati Kupang, Sekretaris Daerah Kab. Kupang bersama Pejabat Instansi Pemkab Kupang, Pejabat Instansi Vertikal, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta undangan lainnya, Kabupaten Kupang menurut Bupati Masneno, kita tertinggal tapi bukan yang terbelakang. Kita harus maju, rubah seluruh cara pandang kita ke arah yang lebih produktif. Sedapat mungkin kita hindari semua yang mampu menggerus optimisme kita untuk maju. Bupati Masneno mencontohkan pentingnya kemajuan di bidang teknologi. Pada aspek infrastruktur dan suprastruktur jaringan internet misalnya, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah disediakan base transceiver station (BTS) yang berfungsi sebagai perangkat penghubung signal komunikasi selular dan internet. Tahun 2021 ini, lanjut Bupati, Kabupaten Kupang akan dibangun 12 BTS khususnya pada lokasi blankspot di wilayah Amfoang, Fatuleu, Takari dan Amabi Oefeto.
Selain itu Bupati Kupang juga menyinggung soal pencapaian target-target kinerja selama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe. Satu diantaranya soal pravelensi stunting di Kabupaten Kupang cenderung mengalami penurunan. Jika dibanding thn 2019 yang kondisinya masih berada di 34,3%, terjadi penurunan sebesar 9% menjadi 25,3% diakhir thn 2020 dan terus mengalami penurunan 0,7% dipertengahan tahun ini. Trend penurunan ini diupayakan Bupati Kupang dan Wakil Bupati Kupang akan terus dijaga dan ditekan terus penurunannya sampai 17,5% diakhir thn 2021. Bupati Masneno akan terus berupaya memaksimalkan seluruh sumber daya demi mewujudkan cita-cita kolektif masyarakat Kabupaten Kupang menuju kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan di tahun 2024. Meski masih ditengah situasi pandemi virus corona, diharapkan Bupati Masneno upaya pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat terus dilaksanakan. Memaknai dan menghayati semangat HUT RI, Bupati berujar bahwa kita adalah masyarakat yang tangguh. Tak henti berjuang saat tantangan menghadang. Selalu bergerak maju meskipun masalah silih berganti mengganggu. Orang Nomor 1 di. kabupaten Kupang ini mengutip kembali sebuah pesan dari sang proklamator Bapak Ir. Soekarno pada HUT RI Tahun 1963 : "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka".
 
Sumber : Humas Kab. Kupang