PRESS RELEASE BENCANA KEADAAN TANGGAL : 25 APRIL 2021

   DATA BENCANA ANGIN TOPAN, LONGSOR DAN BANJIR AKIBAT SIKLON TROPIS SEROJA DI KABUPATEN KUPANG
Berita/News    2021-04-26  11:21:44

gambar

KLIK ⇒ di sini untuk melihat  Video Press Releasenya

 

SHALOM, ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, OM SWASTIASTU, NAMO BUDDHAYA, SALVE, SALAM KEBAJIKAN

 

YANG TERHORMAT:

  • REKAN-REKAN WARTAWAN DAN WARTAWATI MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK;
  • SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG.

SINGKATNYA HADIRIN SEKALIAN YANG KAMI KASIHI DAN BANGGAKAN,

PUJI SYUKUR KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA ATAS SEMUA BERKAT DAN PENYERTAAN-NYA BAGI KITA SEMUA, SEHINGGA HARI INI KITA MAMPU MENYIAPKAN SERTA MENYAMPAIKAN PRESS RELEASE BENCANA ANGIN TOPAN, LONGSOR DAN BANJIR, AKIBAT SIKLON TROPIS SEROJA DI KABUPATEN KUPANG.

PADA KESEMPATAN INI, KAMI AKAN MENYAMPAIKAN DATA SEMENTARA DAMPAK BENCANA KEADAAN TANGGAL 25 APRIL 2021. PREES RELEASE INI AKAN TERUS DISAMPAIKAN SAMPAI DENGAN BERAKHIRNYA MASA TANGGAP DARURAT PADA TANGGAL 27 APRIL 2021.

SAMPAI HARI INI, PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG SEDANG MEMPERSIAPKAN KEBIJAKAN TRANSISI PEMULIHAN DARURAT. TIM JITUPASNA KABUPATEN KUPANG TELAH DITUGASKAN KE 24 KECAMATAN TERDAMPAK UNTUK MELAKUKAN UJI PUBLIK, HARI INI MEREKA AKAN KEMBALI DAN MELAPORKAN HASIL VALIDASI DATA KERUSAKAN RUMAH. SESUAI SCHEDULE, HARI INI PROSES INPUT DATA BISA DISELESAIKAN DAN BESOK KITA AKAN MENYAMPAIKAN USULAN BANTUAN STIMULAN PEMBANGUNAN RUMAH KE BNPB MELALUI BPBD PROVINSI NTT.

HARI INI, KAMI JUGA SEDANG MEMPERSIAPKAN KEPUTUSAN BUPATI KUPANG TENTANG PENETAPAN STATUS TRANSISI DARURAT KE PEMULIHAN PENANGANAN BENCANA ANGIN TOPAN, LONGSOR DAN BANJIR DI KABUPATEN KUPANG. STATUS TRANSISI TERSEBUT DIRENCANAKAN AKAN BERLANGSUNG SELAMA 90 HARI TERHITUNG SEJAK TANGGAL 27 APRIL 2021 SAMPAI DENGAN TANGGAL 29 JULI 2021.

SEPANJANG MASA STATUS TRANSISI DARURAT KE PEMULIHAN, KAMI AKAN MENDIRIKAN POSKO TRANSISI KABUPATEN KUPANG UNTUK TETAP MELAKUKAN PENANGANAN GANGGUAN KEHIDUPAN DAN PENGHIDUPAN MASYARAKAT KORBAN BENCANA. POSKO TRANSISI TETAP BERADA DI TEMPAT POSKO TANGGAL DARURAT SAAT INI BERADA, YAITU DI AULA KANTOR BUPATI KUPANG.

UNTUK KESEMPATAN HARI INI, KAMI DAPAT MENYAMPAIKAN DATA SELURUH KORBAN JIWA SAAT BENCANA TERJADI PADA TANGGAL 5 ARIL 2021 LALU ADALAH SEBAGAI BERIKUT : TERDAPAT 12 ORANG MENINGGAL DUNIA, 26 ORANG MENGALAMI LUKA-LUKA, DAN 3 ORANG DINYATAKAN HILANG SAMPAI SAAT INI.

JUMLAH RUMAH TERDAMPAK SEBANYAK  9.081 UNIT. YANG MASUK KATEGORI RUSAK BERAT SEBANYAK 2.028 UNIT, RUSAK SEDANG SEBANYAK 2.026 UNIT, DAN RUSAK RINGAN SEBANYAK 5.027 UNIT.

UNTUK SEKTOR INFRASTRUKTUR DAN SARANA PRASARANA PUBLIK, DATA KERUSAKAN SEMENTARA YANG BISA KAMI SAMPAIKAN YAITU, JALAN SEPANJANG 102,69 KM, FASILITAS KESEHATAN SEBANYAK 32 UNIT, FASILITAS KEAGAMAAN SEBANYAK 15 UNIT, FASIITAS PENDIDIKAN SEBANYAK 124 UNIT DAN FASILITAS PEMERINTAHAN SEBANYAK 45 UNIT. 

PADA SEKTOR EKONOMI, DATA SEMENTARA KERUSAKAN DAN KERUGIAN YANG BISA KAMI SAMPAIKAN YAITU, LAHAN PERTANIAN YANG RUSAK SELUAS 6.962 HA, SARANA PRASARANA PERIKANAN MENCAPAI 256 UNIT. SEDANGKAN UNTUK BIDANG PETERNAKAN, KERUGIAN YANG DIALAMI MASYARAKAT KORBAN BENCANA ADALAH, TERNAK SAPI YANG MATI SEBANYAK 1.614 EKOR, BABI SEBANYAK 593 EKOR DAN KAMBING SEBANYAK 629 EKOR.

DENGAN MELIHAT SEMUA DATA KERUSAKAN DAN KERUGIAN YANG TELAH KAMI SAMPAIKAN, MAKA SELAMA MASA TRANSISI NANTI, PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG AKAN MELAKUKAN EMPAT SKENARIO PEMULIHAN KORBAN BENCANA MELALUI KERJASAMA BERBAGAI PIHAK.

MELALUI KESEMPATAN INI, TAK LUPA KAMI MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH YANG TAK TERHINGGA KEPADA SEMUA PIHAK YANG TELAH MEMBERIKAN BANTUAN BAGI MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG. SEMUA BANTUAN TERSEBUT SUNGGUH BERARTI BAGI KAMI. BANTUANNYA MAMPU MENGURANGI BEBAN MASYARAKAT KAMI SELAMA MELEWATI BENCANA SAMPAI HARI INI. TUHAN YANG MAHA KUASA AKAN MEMBALAS KEBAIKAN SAUDARA-SAUDARA DENGAN BERKAT YANG BERLIMPAH.

BAGI TEMAN-TEMAN TNI, POLRI DAN LSM/NGO YANG TERGABUNG DENGAN KAMI DI POSKO TANGGAP DARURAT KABUPATEN KUPANG, KAMI TERUS BERHARAP KEBERSAMAANNYA SELAMA MASA TRANSISI DARURAT KE PEMULIHAN BENCANA.

AKHIRNYA, MELALUI KESEMPATAN INI KAMI PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG MENYAMPAIKAN DUKA YANG MENDALAM UNTUK SEMUA KORBAN BENCANA DI KABUPATEN KUPANG. TUHAN YANG MAHA KUASA SELALU MEMBERIKAN BERKAT-NYA BAGI KITA SEMUA.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

SHALOM, WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, OM SANTY SANTYSANTY OM, NAMO BUDDHAYA, SALVE, SALAM KEBAJIKAN