PRESS RELEASE BENCANA KABUPATEN KUPANG 16 APRIL 2021

   DATA BENCANA BANJIR DAN ANGIN TOPAN DI KABUPATEN KUPANG KEADAAN TANGGAL : 16 APRIL 2021
Berita/News    2021-04-16  16:18:49

gambar

PRESS RELEASE
DATA BENCANA BANJIR DAN ANGIN TOPAN DI KABUPATEN KUPANG
KEADAAN TANGGAL : 16 APRIL 2021

Video Youtube Press Release Keadaan tanggal 16 April 2021 dapat klik di sini


SHALOM, ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, OM SWASTIASTU, NAMO BUDDHAYA, SALAM KEBAJIKAN, SALVE


YANG TERHORMAT:
- SELURUH ANGGOTA POSKO KOMANDO TANGGAP DARURAT BENCANA KABUPATEN KUPANG;
- REKAN-REKAN WARTAWAN DAN WARTAWATI MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK;
- SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG.
SINGKATNYA HADIRIN SEKALIAN YANG KAMI KASIHI DAN BANGGAKAN,


KEMBALI PADA HARI INI, KAMI DARI POSKO KOMANDO TANGGAP DARURAT BENCANA KABUPATEN KUPANG, AKAN MENYAMPAIKAN DATA SEMENTARA DAMPAK BENCANA BANJIR DAN ANGIN TOPAN DI KABUPATEN KUPANG KEADAAN TANGGAL 16 APRIL 2021.


KORBAN JIWA SAMPAI DENGAN SAAT INI TETAP TERCATAT SEBANYAK 15 ORANG, DENGAN RINCIAN : 12 ORANG MENINGGAL DUNIA DAN 3 ORANG HILANG. KORBAN YANG MASIH MENDERITA LUKA-LUKA SEBANYAK 26 ORANG, YANG BERASAL DARI DESA TUNBAUN-BATUNA KECAMATAN AMARASI BARAT.


HARI INI KAMI BISA MENYAMPAIKAN BAHWA TOTAL PENGUNGSI YANG TERCATAT SAAT KEJADIAN BENCANA PADA TANGGAL 5 APRIL 2021 BERJUMLAH 3.573 KK DENGAN TOTAL PENGUNGSI SEBANYAK 14.613 JIWA. PADA HARI INI, MASIH ADA 468 KK DAN 1.934 JIWA YANG BERADA DI POS PENAMPUNGAN. SISANYA 3105 KK DAN 12.679 JIWA PENGUNGSI SUDAH KEMBALI DAN MENETAP DIRUMAH KELUARGA ATAUPUN TETANGGANYA.


DATA KERUSAKAN RUMAH YANG HANYUT/HILANG SEBANYAK 152 UNIT, RUSAK BERAT SEBANYAK 3.105 UNIT, RUSAK SEDANG SEBANYAK 1.026 UNIT, DAN RUSAK RINGAN DENGAN KATEGORI TERENDAM SEBANYAK 3.657 UNIT DAN YANG TIDAK TERENDAM SEBANYAK 878 UNIT. DATA KERUSAKAN RUMAH AKAN DIVERIFIKASI SESUAI KATEGORI KERUSAKANNYA OLEH TIM RELAWAN BPBD PROVINSI JAWA TENGAH


YANG BERSERTIFIKAT, DIDAMPINGI OLEH TIM PEMERINTAH DAERAH YANG TELAH DITUGASKAN OLEH BUPATI KUPANG.
SAMPAI HARI INI, KEJADIAN PERGESERAN TANAH MASIH TERJADI DI DESA TUNBAUN-BATUNA KECAMATAN AMARASI BARAT DAN DESA OESENA - KECAMATAN AMARASI. MASYARAKAT YANG BERADA DI LOKASI TERSEBUT, TELAH KITA EVAKUASI KE RUMAH KELUARGA, TETANGGA DAN POS PENAMPUNGAN YANG DIPANTAU AMAN. MASYARAKAT DIHIMBAU AGAR MENJAUHI LOKASI PERGESERAN TANAH DAN KEPALA DESA JUGA CAMAT TERUS MELAPORKAN PERKEMBANGAN KE POSKO KABUPATEN KUPANG.


UNTUK DATA KERUSAKAN FASILITAS LAYANAN PUBLIK DAN KERUGIAN MATERI, PENDATAANNYA TERUS KITA LAKUKAN DAN HARI INI DAPAT KAMI SAMPAIKAN BAHWA, KERUGIAN MATERI YANG DIALAMI MASYARAKAT ADALAH KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN, HILANGNYA HEWAN/TERNAK, DAN FASILITAS PRIBADI YANG MENUNJANG KEHIDUPAN SEHARI-HARI. SELURUH KERUGIAN INI TELAH DIINVETARISIR DAN AKAN DIMASUKAN DALAM RENCANA PEMULIHAN DINI DAN RENCANA REHABILITASI SERTA REKONSTRUKSI PASCA BENCANA DI KABUPATEN KUPANG.


MELALUI KESEMPATAN INI, KAMI ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN KUPANG, MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH ATAS SEGALA DOA DAN BANTUAN YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA MASYARAKAT KORBAN BENCANA. SEMUA BANTUAN AKAN KAMI SALURKAN SECARA CEPAT DAN TEPAT, AGAR PENDERITAAN MASYARAKAT KAMI BISA TERATASI.


SELURUH BANTUAN LOGISTIK TANGGAP DARURAT UNTUK KEBUTUHAN POKOK SUDAH TERDISTIRBUSI KE LOKASI DI 24 KECAMATAN YANG ADA. BAGI MASYARAKAT YANG SAMPAI SAAT INI BELUM TERLAYANI BANTUAN, DIHARAPKAN BISA MELAPORKANNYA KE KEPALA DESA/CAMAT UNTUK BISA DITERUSKAN INFORMASINYA KE POSKO TANGGAP DARURAT BENCANA.


TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA, KAMI TERUS BERHARAP BANTUAN DAN PARTISIPASI SEMUA PIHAK UNTUK BERSAMA DENGAN KAMI, DALAM MENANGGULANGI BENCANA YANG DIALAMI OLEH SELURUH MASYARAKAT KABUPATEN KUPANG.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH. SHALOM, WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, OM SANTY SANTYSANTY OM, NAMO BUDDHAYA, SALAM KEBAJIKAN, SALVE