Bupati Kupang Masneno Ungkapkan Kabupaten Kupang Daerah Yang Luar Biasa

   UPACARA HARI ULANG TAHUN KE 75 KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2020
Berita/News    2020-08-25  13:32:27

gambar

Peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Kupang berlangsung secara baik penuh hikmah dan makna. Meski dilaksanakan dengan kesederhanaan karena kondisi Covid-19, tidak mengurangi makna besar peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Menjadi Inspektur upacara Bupati Kupang Korinus Masneno dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Ketua DPRD Kab. Kupang Daniel Taemenas, Forkompimda Kab. Kupang diantaranya Dandim 1604 Letkol Jimmy Rihi Tugu, Kajari Oelamasi Sherly Manutede, Kapolres Kupang AKBD Aldinand Manurung, Sekda Obet Laha, Ketua TP PKK Ny. Damaris Masneno Mooy serta Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang. 

   Bupati Kupang Korinus Masneno dalam pidatonya menyampaikan rasa bangganya terhadap daerah Kabupaten Kupang yang menurutnya luar biasa. Dikatakannya Kab. Kupang Luar biasa bukan hanya karena letaknya strategis, bukan karena kekayaan alamnya yang melimpah ataupun karena luas wilayahnya. Kabupaten Kupang jelasnya luar biasa karena masyarakatnya telah teruji oleh sejarah, bisa tetap kokoh, bersatu menghadapi berbagai masalah maupun musibah yang ada. Hal ini terlihat dengan beberapa kejadian yang terjadi di Kabupaten Kupang dalam kurun waktu januari hingga agustus 2020 ini diantaranya cuaca ekstrim, hujan, angin kencang dampak sikon tropis claudia. Selanjutnya pada februari berfokus menghadapi dampak kekeringan dan selanjutnya muncul virus African Swine Fever atau yang biasa dikenal ASF yang mengakibatkan puluhan ribu ternak babi masyarakat mati secara tiba-tiba. Belum selesai ASF sudah harus terkena dampak Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan Kabupaten Kupang, akibatnya sebagian besar anggaran recofusing APBD harus di alihkan untuk kegiatan-kegiatan yang mampu mempercepat penanganan kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan bantuan sosial. Masneno mengajak masyarakat Kab. Kupang bersyukur karena kebaikan Tuhan sehingga persebaran Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kupang terkendali sehingga bisa melaksanakan tatanan kehidupan baru saat ini. “Masyarakat Kab. Kupang adalah masyarakat petarung yang berani berjuang, meski dengan kekuatan yang terbatas. Dengan kemanunggalan masyarakat, Pemerintah, TNI dan Polri, kita berhasil mengendalikan persebaran Covid-19 di Kabupaten Kupang,” ungkap Masneno.

             Kepada masyarakat dirinya berpesan agar wajib mematuhi arahan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. “Mari kita ikuti protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, jauhi kerumunan dan keramaian. Selalu cuci tangan setiap melakukan aktifitas apapun serta menggunakan masker dimanapun berada,”pesan Masneno. Pada kesempatan tersebut dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjerih lelah membantu masyarakat Kabupaten Kupang ditengah keterbatasan baik lewat materi maupun non materi. 

    Sebagai refleksi Masneno mengakui secara jujur masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan baik itu meliputi bidang pendidikan, infrastruktur dan sosial budaya. Kabupaten Kupang jelasnnya harus menjadikan masyarakatnya lebih maju dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan guna wujudkan kesetaraan kualitas sumber daya manusia secara inklusif, sekaligus menurunkan pravelensi stunting dan masalah kesehatan lainnya. Untuk infrastruktur masih perlu diintensifkan dan menggerakan aktifitas ekonomi masyarakat, memperbaiki infrastruktur perhubungan, meningkatkan jumlah embung dan saluran irigasi lahan-lahan pertanian dengan kualitas yang lebih baik. “Kita perlu berkerja lebih fokus dan menyelesaikan semua masalah secara cepat dan tepat. Tahun 2020 adalah tahun kerja bersama untuk pemerataan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kupang. kita ingin masyarakat merasakan manfaat dari pembangunan yang ada,” ungkap Orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut.

             Melalui momentum kemerdekaan bangsa Indonesia ke 75, Pemkab Kupang terus berjuang mewujudkan daerah yang maju, mandiri dan sejahtera dengan mempercepat pemerataan pembangunan di desa lewat penetapan kebijakan pembangunan berbasis ekonomi kerakyatan dengan merujuk pada strategi pembangunan wilayah. Dengan semangat revolusi 5P Pemkab Kupang berdiri untuk meraih prestasi. Konsep cermat, gerak cepat, langkah tepat sudah dikonkritkan dalam satu gerakan yaitu gerakan revolusi 5 P. “kita harus percaya pada kekuatan yang dimiliki. Mari kita satukan tekad untuk memajukan masyarakat, memandirikan masyarakat dan mensejahterakan masyarakat dalam mengemban amanah rakyat di Kabupaten Kupang,” tegas Bupati Masneno.

      Di akhir sambutannya orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut mengutip sebuah kalimat bijak “Hari siang bukan karena ayam berkokok, tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Tetaplah semangat rajawaliku. Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Negeri Pancasila yang Ke-75”.

Sumber : Humas Kab. Kupang