Bupati Kupang Bersama Jajaran Direktur Politani Negeri Kupang

   BUPATI KUPANG TATAP MUKA BERSAMA JAJARAN DIREKTUR POLITANI NEGERI KUPANG
Berita/News    2020-07-16  09:29:21

gambar

Dalam rangka membangun masyarakat Kabupaten Kupang yang lebih sejahtera berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Kupang diantaranya dengan membangun kerjasama dengan lembaga pendidikan yang ada di Kupang NTT. Lembaga pendidikan mempunyai potensi dan saran yang memadai dalam mensukseskan program pembangunan di masyarakat. Hal tersebut disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno saat audiens bersama Direktur Politani Negeri Kupang Thomas Lapenangga, Selasa (14 Juli 2020) bertempat di Gedung Pertemuan Politani Kupang. Pertemuan tersebut juga dilanjutkan dengan melihat pabrik produksi pakan ternak yang dimiliki Politani Kupang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Kab. Kupang Yohanis Mase, Wadir Politani diantaranya Jaqlualine A. Bunga, Johanis Jermias, Agustinus Semang, Melinda Moata.  

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya menyatakan harapannya kedepan terbangun kerjasama yang baik antara Pemkab dan Politani Negeri Kupang dalam rangka membangun pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang. dijelaskan Masneno, Pemkab Kupang memfokuskan pembangunan pada ekonomi kerakyatan yang difokuskan pada program 5 P yakni dibidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata. Fokus program ini sendiri jelas Masneno didasari pada potensi yang apa yang ada dan dimiliki oleh masyarakat serta bisa dikerjakan oleh masyarakat itu sendiri. Revolusi 5 P jelasnya merupakan program yang didasari pada kebutuhan masyarakat Kab. Kupang saat ini dan perlu dikerjakan secara revolusioner khususnya pada bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan pariwisata. “Saya rasa 4 P nya ada kaitan dengan ilmu yang dimiliki Politani Kupang sehingga bisa berkerjasama,” Ungkap Masneno.   

Orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut yakin dengan dukungan ilmu yang dimiliki Politani dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan bidang pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang. “Politani tentunya telah berkontribusi dalam pembentukan SDM yang berkualitas khususnya dibidang pertanian. Dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik, upaya membangun masyarakat ke arah yang lebih sejahtera bisa terwujud,” Ungkap Masneno.

Direktur Politani Negeri Kupang Thomas Lapenangga dalam sambutannya menyatakan sangat tertarik pada program pembangunan di Kabupaten Kupang. Dirinya berterima kasih atas pertemuan bersama Pemkab Kupang dan sama-sama memikirkan kolaborasi terbaik dalam berkerja dan membangun masyarakat. Kerjasama membangun masyarakat jelasnya merupakan hal yang penting dilakukan sesuai dengan bidang yang dimiliki. Salah satu program penting dan menarik untuk dikerjakan yakni dibidang pertanian saat ini yakni menanam jagung panen sapi. Ini jelasnya jika dikerjakan secara baik akan membuahkan hasil yang memuaskan apalagi kondisi Kab. Kupang sangat cocok untuk program ini. Thomas menjelaskan Politani Kupang memiliki 5 Jurusan diantaranya peternakan, manajemen pertanian lahan kering, tanaman pangan dan holtikultura, kehutanan dan perikanan kelautan dan 14 Program Studi yang siap mengaplikasikan ilmu yang dimiliki di masyarakat dan mendukung program Pemeritah dalam upaya mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Kupang. Beberapa program yang sudah dikembangkan Politani diantaranya pembuatan pakan ternak produksi politani serta pengembangan pertanian di Oesu’u Kupang Timur dan promitra (kemitraan proporsional usaha peternakan rakyat. Kemitraan ini jelasnya memiliki konsep kerjasama usaha peternakan antara Politani dan peternak dimana Politani menyiapkan bibit, pakan, kesehatan dan pendampingan teknis sementara poktan menyiapkan lahan, kandang dan tenaga kerja. Menfaat nyata jelasnya ialah memberikan peningkatan ekonomi masyarakat, suply bahan pangan dan pengembangan wirausaha petani.

Sumber : Humas Kab. Kupang